"Don’t read my diary when I’m gone.
OK, Im going to work now, when you wake up this morning, please read my diary.
Look through my things, and figure me out."
(Kurt Cobain)

Minggu, 19 Februari 2012

Iklan: Pucuk,, Pucuk,,

Pernah liat iklan Teh Pucuk Har*m di tipi ngga?
Mungkin ini cerita lama.

Buat yang hobi nongkrongin tipi pasti ngga ngerasa asing dengan iklan yang satu itu. Iklan yang bersettingkan pagi hari di kebun teh itu menceritakan tentang dua ekor ulat yang berusaha untuk mendapatkan daun teh yang terbaik, yaitu pucuk daunnya. Karena kelelahan untuk mencapai pucuk daun yang jauh, si ulat yang satunya hampir putus aja dan berniat memakan daun yang dekat saja. Namun temannya berkata, "Jangan! Daun teh terbaik hanya di pucuk!" Lalu mereka pun bersemangat lagi untuk meraih pucuk daun. "Pucuk.. Pucuk.." Namun alangkah kecewanya mereka, hampir mencapai pucuk eh pucuknya malah dipetik sama manusia.

Nah, buat kamu yang ngerasa ngga pernah liat iklannya karena terlalu sibuk atau ngga punya tipi di rumah, nih aku kasih videonya.


video

Mungkin udah bukan rahasia lagi kalo iklan teh di atas merupakan hasil plagiat dari iklan teh Gre*nT punya Thailand. Hanya saja yang punya Thailand jeda waktunya sedikit labih panjang dari kepunyaan Indonesia. Buat yang belom pernah liat, check this out:

video
 
Nah, yang jadi masalah di sini bukan siapa menjiplak siapa (walaupun kenyataannya iklan Thailand di atas diproduksi tahun 2003. CMIIW). Aku juga ngga mau ngata-ngatain Indonesia plagiat Indonesia plagiat. Toh, ini negaraku. Apapun yang terjadi aku harus tetap di sini, tetap cinta tanah air. Bukannya asal ngejudge sembarangan.
Tapi, satu hal yang bikin kecewa, gimana mungkin, udah ngejiplak tapi hasil jiplakannnya malah ngga jauh lebih bagus dari aslinya. Seenggaknya, kalau hasil jiplakan dibikin sekreatip mungkin dari yang aslinya, kan ngga jadi masalah si sebenarnya mau plagiat atau ngga. Asalkan itu lebih baik. (oke ini murni pendapatku).

Liat aja tuh, video ke dua yang di atas, ulatnya jauh lebih lucu dan menggemaskan ketimbang yang pertama. jauh lebih mengharukan daripada yang pertama :') salut ya buat iklan Thailand :)

maju terus periklanan Indonesia! buat kami bangga dengan hasil murni karya kalian!
Go INDONESIA go INDONESIA go!

yang ngaku cinta tanah air,
WindaAsnita :)

0 comment: